Mantan Menlu Iran: Dukungan Biden Tak Bisa Bawa Israel ke Puncak

0
285

Teheran,LiputanIslam.com-Mantan Menlu Iran, Kamal Kharrazi berkata bahwa pembicaraan soal NATO Arab adalah pemikiran dangkal dan Saudi sendiri menegaskan tidak ada proyek semacam ini.

“Kami menyambut baik pernyataan Saudi yang mengulurkan tangan persahabatan. Kami siap untuk berdialog dan mengembalikan hubungan ke kondisi normal. Iran dan Saudi adalah dua negara penting di Kawasan. Penyelesaian perselisihan antara mereka akan berujung kepada perkembangan regional,” tandas Kharrazi, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Strategis Hubungan Luar Negeri Iran.

Menurutnya, Rezim Israel berada dalam tahap kelemahan. Dukungan Biden tidak akan mengembalikan Israel ke puncak kekuatan.

“Ditargetkannya keamanan kami oleh negara-negara tetangga akan berhadapan dengan balasan kepada negara-negara itu dan jawaban langsung kepada Israel. Kami telah mengadakan berbagai latihan militer besar untuk menghantam kedalaman Israel jika fasilitas-fasilitas vital kami diserang.”

“Tidak ada garansi dari AS soal mempertahankan kesepakatan nuklir. Hal ini akan menjebak segala bentuk kesepakatan potensial. Jika IAEA bersikap objektif dan independen, segala masalah mudah diatasi.”

“Satu-satunya solusi untuk mengatasi krisis Kawasan adalah pembentukan sebuah forum dialog regional untuk mengatasi problem politik-keamanan. Qatar telah mengajukan usul-usul penting terkait dialog regional. Kami telah mengumumkan kesiapan penuh untuk masalah ini. Kami menyerukan dimulainya sebuah dialog regional yang dihadiri negara-negara penting seperti Saudi, Turki, Mesir, Qatar, dan selainnya,” tandas Kharrazi. (af/fars)

DISKUSI: