Mantan Jubir Parlemen Israel: Trump Tak Dukung Aneksasi Tepi Barat

0
64

Tel Aviv, LiputanIslam.com–Mantan jubir Knesset (parlemen Israel), Abraham Borg, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Presiden AS Donald Trump telah menghentikan rencana aneksasi Israel atas wilayah pendudukan Tepi Barat.

Dalam wawancara dengan kantor berita Italia Il Fatto Quotidiano Borg menyebut penolakan Trump atas implementasi rencana aneksasi adalah karena “dia tidak punya waktu untuk menolong PM Israel Benjamin Netanyahu…,” seperti dikutip dari Anadolu.

Lebih lanjut, Borg menggambarkan Netanyahu dan Trump sebagai penderita “paranoia narsis dan tanpa etika yang siap untuk menggulingkan siapa pun untuk menyelamatkan diri dan tetap berkuasa.”

Ketika ditanya tentang ekspektasi tanggal implementasi rencana aneksasi, Borg menjawab: “sangat sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk menetapkan ekspektasi pada aneksasi, karena tidak ada transparansi dalam rencana ini, tidak ada yang tahu detailnya.”

Awalnya, Netanyahu berjanji untuk mulai mencaplok seluruh blok pemukiman dan Lembah Jordan di Tepi Barat pada tanggal 1 Juli lalu. Namun, rencana itu tampaknya terhenti karena adanya penolakan dari komunitas internasional serta pertentangan dengan pemerintah AS dari aspek penerapannya.

Hukum internasional mengklasifikasikan Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai “wilayah pendudukan.” Itu artinya, semua aktivitas pembangunan permukiman Yahudi di sana berstatus ilegal. (ra/palestinachronicles)

DISKUSI: