Mantan Direktur Mossad: Israel Sendirian di Hadapan Iran

0
103

TelAviv,LiputanIslam.com-Mantan direktur biro intelijen Israel mengakui ketangguhan militer Republik Islam Iran, seraya menyatakan bahwa Tel Aviv harus sendirian menghadapi Teheran.

Dalam wawancara dengan harian Jerusalem Post, Selasa (4/6) lalu, Danny Yatom bicara soal mundurnya pasukan AS dari kawasan Asia Barat (Timur Tengah). Menurutnya, kendati Washington bicara soal dukungannya terhadap Tel Aviv, namun mereka harus sendirian menghadapi ancaman militer Iran.

AS, kata Yatom, sebelum ini memiliki pasukan dalam jumlah besar di Irak, Suriah, dan Afghanistan. Namun kini semua pasukan itu telah ditarik mundur. Bahkan, tegasnya, omongan AS baru-baru ini tentang pengiriman 1500 serdadu dan kapal induk ke kawasan juga tidak benar, dan tak satu pun dari mereka belum tiba di Timur Tengah.

Mantan direktur Mossad ini menegaskan, walaupun nanti serdadu-serdadu AS itu tiba, mereka hanya ditugaskan untuk melindungi kepentingan-kepentingan AS saja.

“Israel harus sendirian melawan ancaman-ancaman Iran, dari arah Suriah dan Hizbullah, juga ancaman nuklir yang akan datang,”kata Yatom.

Sebelum ini, sebuah harian AS juga mengungkapkan kekhawatiran AS terkait kekuatan rudal Iran. Menukil dari seorang pejabat militer AS, Wall Street Journal menulis,”Apakah kita dalam posisi untuk menghadapi seratus rudal balistik yang ditembakkan dari 8 titik?” (af/alalam)

Baca:

Iran Nyatakan Semua Kapal Perang Asing di Kawasan Teluk Terjangkau Rudal

Israel Lelang Kelas Darurat Palestina

DISKUSI: