Lakukan Normalisasi, Pemerintah Maroko Digugat Para Tokoh Politik

0
187

Rabat,LiputanIslam.com-Sejumlah tokoh politik dan hukum di Maroko mengajukan gugatan atas keputusan Pemerintah dalam menjalin hubungan dengan Rezim Zionis.

Koordinator Partai Kongres Nasional Islam Maroko, Khalid al-Sufyani bersama sejumlah tokoh negara tersebut telah menyusun gugatan hukum atas Pemerintah Maroko.

Dalam gugatan itu disebutkan,”Normalisasi hubungan dengan Rezim Zionis bertentangan dengan prinsip umum negara Maroko, UUD Maroko, Piagam PBB, dan hukum internasional.”

Keputusan Pemerintah Maroko untuk menjalin hubungan dengan Tel Aviv memicu amarah partai-partai politik, juga rakyat, di negara tersebut.

Hari Senin kemarin (28/12) rakyat Maroko untuk ke sekian kalinya turun ke jalanan dan berunjuk rasa di berbagai kota sebagai bentuk protes terhadap normalisasi Rabat-Tel Aviv.

Sementara itu, PM Israel Benjamin Netanyahu dikabarkan mengundang Raja Maroko Muhammad VI untuk melawat ke Tel Aviv, menyusul dijalinnya kesepakatan normalisasi yang disponsori AS tersebut.

Netanyahu mengundang Raja Muhammad VI saat berbincang via telepon dengannya.

Kantor Netanyahu dalam statemennya menyatakan, PM Israel dan Raja Maroko melakukan dialog yang “hangat dan ramah”. Keduanya sepakat untuk terus menjalin kontak demi memajukan perjanjian normalisasi dalam beberapa pekan mendatang. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Dirikan Konsulat di Sahara Barat Pasca Normalisasi Maroko-Israel

Al-Hashd al-Shaabi: Kirkuk Aman Usai AS Angkat Kaki dari Provinsi Itu

DISKUSI: