Lab Gaza Kehabisan Alat Penguji Virus Corona

0
297

Gaza, LiputanIslam.com—Laboratorium pusat Jalur Gaza telah kehabisan alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan tes virus COVID-19. Demikian peringatan dari Kementerian Kesehatan Palestina pada Kamis (9/4).

Menurut jubir kemenkes, Ashraf al-Qudra, absennya pasokan tersebut akan menyebabkan pengujian yang tertunda di tengah upaya pemerintah Gaza mengatasi pandemi ini. Dia menekankan bahwa situasi ini pasti akan menunda prosedur yang diperlukan untuk mengakhiri isolasi dari ratusan orang yang telah memberikan sampel untuk pengujian.

Angka resmi oleh kementerian menunjukkan bahwa pada hari Kamis ini, sebanyak 263 orang dinyatakan positif COVID-19 dan satu orang telah meninggal.

Dampak kesehatan di Gaza akibat wabah ini menjadi sanagt serius akibat blokade Israel yang menghabiskan pasokan alat-alat yang dibutuhkan, yaitu “44 persen obat esensial, 31 persen bahan habis pakai medis, dan 65 persen bahan laboratorium”.

Dia mengimbau masyarakat dan organisasi internasional untuk membantu mengirimkan pasokan medis ke Gaza seperti 100 respirator dan 140 kasur perawatan intensif.

Mayoritas penduduk Gaza tinggal di kamp-kamp pengungsi yang padat di mana jarak sosial tidak mungkin dilakukan. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: