Kushner: Saudi Setuju Buka Wilayah Udara untuk Maskapai Israel

0
314

Riyadh, LiputanIslam.com–Pemerintah Arab Saudi setuju untuk membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai Israel yang terbang ke arah timur. Demikian kata penasehat senior sekaligus menantu Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, pada Rabu (9/9).

Klaim itu disampaikan Kushner dalam konferensi pers menjelang penandatanganan perjanjian normalisasi Abraham Accords antara UEA dan Israel pada 15 September.

“Negara-negara mulai melepaskan konflik lama dan bergerak ke arah perdamaian,” katanya, seraya menambahkan bahwa Bahrain juga telah setuju untuk membuka wilayah udaranya.

Menurutnya, keputusan Saudi ini merupakan upaya pencabutan sebuah “penghalang besar”.

“Kita menyaksikan pengumuman baru setiap hari tentang maskapai penerbangan yang ingin terbang dari Israel ke kota-kota Arab berbeda [tetapi tidak diizinkan],”

Kini, kata Kushner, akan ada banyak kegembiraan yang terbangun di dunia Arab dan Muslim sebab orang-orang bisa ke Israel untuk mengunjungi lokasi wisata dan berdoa di Masjid Al-Aqsa.

Pada 13 Agustus lalu, Israel dan UEA mencapai kesepakatan normalisasi yang dibantu oleh Presiden AS Donald Trump.

Perjanjian tersebut dianggap sebagai pukulan telak bagi upaya Palestina untuk mengakhiri penjajahan militer sistematis Israel. (ra/palestinechronicles)

DISKUSI: