Kritik Rezim Riyadh, Warga AS Divonis Penjara 16 Tahun

0
178

Riyadh,LiputanIslam.com-Seorang warga AS asal Saudi, Saad Ibrahim al-Madhi (72 tahun) dijatuhi vonis hukuman penjara selama 16 tahun oleh Pengadilan Saudi. Al-Madhi dinyatakan bersalah karena telah mengunggah 14 cuitan, yang salah satunya berkaitan dengan jurnalis Washington Post asal Saudi, Jamal Khashoggi. Dia juga mencuit soal korupsi dan penghamburan harta oleh Rezim Saudi.

Al-Madhi ditangkap pada bulan November 2021 saat mengunjungi Saudi untuk bertemu keluarganya. Putra al-Madhi mengatakan kepada Washington Post, ayahnya langsung ditangkap saat tiba di bandara Saudi.

Vonis hukuman penjara dijatuhkan atas al-Madhi pada 3 Oktober lalu. Dia juga dilarang pergi ke luar negeri selama 16 tahun. Jika diasumsikan bahwa al-Madhi menghabiskan masa hukumannya, ia akan keluar dari penjara pada usia 87 tahun dan baru bisa kembali ke AS dalam usia 104 tahun.

AS sendiri hanya mengutarakan kekhawatiran atas hukuman penjara atas warganya, kendati Washington sering mengintervensi urusan negara lain dengan dalih demokrasi dan kebebasan. Putra al-Madhi berkata, Kedubes dan Kemenlu AS enggan terlibat dalam masalah ayahnya. Ia juga diminta agar tidak bicara secara terang-terangan soal masalah ini.

Mengutip dari seorang pejabat senior di Kemenlu AS, Washington Post menulis bahwa Putra Mahkota Saudi bertindak sedemikian rupa seolah dia tahu bahwa Pemerintahan Biden tidak akan berbuat apa-apa untuk membebaskan tahanan berkewarganegaraan AS. (af/alalam)

DISKUSI: