Kongres AS Tak Percaya Klaim Israel Soal Aliansi Udara Anti-Iran

0
128

Washington,LiputanIslam.com-Situs Responsible Statecraft membahas pengumuman Menteri Perang Israel, Benny Gantz bahwa Israel dan beberapa negara Arab telah membentuk kelompok bernama Middle East Air Defence Alliance (MEAD) pimpinan AS untuk menghadapi Iran.

Menurut Responsible Statecraft, kalau pun klaim Gantz bisa diterima, MEAD bukanlah hal baru. Pada hakikatnya, Gantz mengklaim sudah pernah menghadang sejumlah serangan Iran, yang tampaknya terjadi tahun lalu.

“Pengumuman ini mungkin adalah berita baru untuk Kongres. Hanya 2 pekan sebelum statemen Gantz, anggota Majelis dan Senat mengajukan draft serta menuntut sesuatu yang sangat mirip dengan MEAD”, tulis Responsible Statecraft.

Meski demikian, sumber-sumber di Kongres AS mengatakan kepada Responsible Statecraft, saat ini hanya ada “koordinasi lemah” terkait pertahanan udara di Timteng. Ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara Washington dan Tel Aviv tentang fakta di lapangan.

Situs analisis ini berpendapat, jika aliansi ini benar-benar ada, hanya Israel yang begitu bernafsu untuk mempromosikannya. Juga tak satu pun sumber AS yang mengonfirmasi keberadaannya. Nama-nama para anggota Arab pun tak pernah dideklarasikan (meski banyak yang percaya bahwa MEAD mencakup Saudi, Qatar, Mesir, UEA, Bahrain, dan Yordania. Mereka semua dilaporkan hadir dalam rapat militer tingkat tinggi dengan AS dan Israel pada Maret silam).

Responsible Statecraft mengaku telah menghubungi Kementerian Perang Israel, 16 anggota Kongres, termasuk 9 pendukung draft UU Pertahanan. Namun tak satu pun dari mereka yang menjawab pertanyaan terkait keberadaan aliansi semacam ini atau tujuan-tujuan operasionalnya. (af/fars)

DISKUSI: