Komisi Yaman untuk UNESCO Kecewa PBB Hapus Saudi dari Daftar Pembunuh Anak-Anak

0
110

Sana’a, LiputanIslam.com–Komisi nasional Yaman untuk UNESCO pada Selasa (23/6) mengecam langkah PBB yang menghapus koalisi militer pimpinan Saudi dari daftar hitam pembunuh anak-anak.

Komisi Yaman ini menyebut tindakan tersebut sebagai bukti kegagalan PBB dalam menerapkan prinsip-prinsip kemanusiaannya.

Pada 15 Juni lalu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mencabut koalisi pimpinan Saudi dari daftar hitam. Sebelumnya, koalisi militer tersebut dimasukkan ke daftar hitam karena mereka melakukan kampanye militer yang kejam dan membunuh anak-anak di Yaman.

PBB pun dituding mengabaikan pengakuan anggota koalisi pimpinan Saudi tentang pembantaian anak-anak Yaman dan laporan hukum yang dikeluarkan oleh badan-badan PBB sendiri. Karena itu, komisi Yaman menyebut PBB telah memberikan “belas kasihan” atas kekejaman rezim Saudi dan sekutunya dan juga membuka jalan bagi lebih banyak kejahatan dengan impunitas atas hukum internasional.

Komisi Yaman juga menyebut langkah itu akan merusak upaya dubes Yaman untuk mengakhiri konflik dan blokade mematikan terhadap anak-anak Yaman. Mereka pun menyerukan organisasi regional dan internasional untuk setia membela anak-anak Yaman dan melindungi hak-hak mereka terhadap kekejaman Saudi.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya telah meluncurkan agresi militer besar-besaran di Yaman pada Maret 2015. Lembaga penelitian konflik, ACLED, memperkirakan bahwa agresi itu telah merenggut lebih dari 100.000 jiwa selama lima tahun terakhir. (ra/presstv)

DISKUSI: