Kisahkan Jatuhnya Mosul, al-Maliki: Iran Kirim Senjata saat AS Enggan Memberikannya

0
187

Baghdad,LiputanIslam.com-Mantan PM Irak, Nouri al-Maliki, membeberkan sejumlah detail terkait jatuhnya Mosul ke tangan ISIS di tahun 2014. Ia mengatakan, Mosul jatuh akibat munculnya konspirasi di tengah Tentara Irak. Para konspirator ini menarik mundur pasukan dan menghalang-halangi pasukan yang berusaha melawan ISIS.

“Berbarengan dengan krisis Suriah dan prediksi jatuhnya Pemerintah Suriah di tangan Jabhat al-Nusra dan ISIS, kelompok-kelompok teroris memperoleh senjata lengkap. Setelah jatuhnya Damaskus, mereka masuk ke Irak untuk menggulingkan pemerintahan di Baghdad,”kata al-Maliki.

Menurut al-Maliki, saat ia menjabat sebagai PM Irak, AS memberitahu delegasi Irak bahwa Washington tak akan memberikan senjata ke Baghdad untuk melawan ISIS. Di pihak lain, Iran dan Rusia membuka gudang senjata mereka untuk menyokong Tentara Irak dan al-Hashd al-Shaabi.

“AS tidak ingin kami menang dalam perang. Kami bahkan tidak mendengar AS mengutuk ISIS dan negara-negara pendukung terorisme, atau mengecam mereka yang memblokir jalur internasional hingga satu tahun,”ungkapnya.

Menurut al-Maliki, setelah ia memutuskan untuk mengusir semua Pasukan AS dari Irak, Washington membiarkan, bahkan menyambut baik, semua aksi teror di Irak untuk menghukumnya.

“Menhan AS saat itu mengatakan, selama Pemerintahan al-Maliki masih tegak, kami tak akan mendukung Irak,”beber al-Maliki. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Irak Bebaskan Belasan Pejuang Kataeb Hizbullah yang Ditangkap Pekan lalu

AS di Balik Upaya Perang Saudara di Irak

DISKUSI: