Kiev: Pakar Iran dan Ukraina Bertemu Bahas Drone-drone Iran

0
152

Kiev,LiputanIslam.com-Jubir Kemenlu Ukraina pada Selasa malam (22/11) mengabarkan, para pakar Iran dan Ukraina telah bertemu untuk membahas klaim bahwa Rusia menggunakan drone Iran dalam perang Ukraina.

Sebelum ini, Wamenlu Rusia menyebut tuduhan Barat bahwa Iran menyerahkan dronenya kepada Rusia sebagai “klaim tak berdasar.” Sergey Vershinin mengatakan, tudingan ini dilakukan Barat demi menjustifikasi pengiriman senjata ilegalnya untuk Ukraina.

Sementara itu, menyusul tudingan Washington Post soal keberadan lini produksi drone Iran di Rusia, Wakil Tetap Iran di PBB, Amir Saeed Iravani mengirim sebuah memo kepada harian AS tersebut.

“Menyusul tudingan penggunaan drone Iran dalam perang Ukraina, Iran telah mengajukan permintaan rapat ahli gabungan dengan para pejabat Ukraina untuk membahas klaim-klaim ini,” ungkap Iravani.

“Hingga kini, langkah-langkah penting telah diambil dalam interaksi gabungan para pakar pertahanan Iran dan Ukraina. Hal ini akan terus berlanjut hingga kesalahpahaman dalam masalah ini terangkat.”

“Berdasarkan kesepakatan bilateral sejak tahun-tahun lalu, Republik Islam Iran dan Rusia memiliki kerja sama pertahanan, keilmuan, dan riset gabungan. Semua ini kembali ke masa sebelum perang Ukraina. Selain itu, 5 tahun pembatasan persenjataan Iran dalam Resolusi 2231 Dewan Keamanan juga telah berakhir pada Oktober 2020. Dnegan demikian, Iran bisa menjalin kerja sama pertahanan dengan negara-negara lain sesuai kebutuhan dan prioritasnya.”

“Sejak awal krisis Ukraina, Iran selalu mengambil sikap transparan dan tak tergoyahkan. Iran menegaskan bahwa semua anggota PBB harus menghormati prinsip dan tujuan dalam Piagam PBB serta hukum internasional, termasuk kedaulatan, kemerdekaan, kesatuan, dan keutuhan wilayah negara-negara,” pungkas Iravani. (af/fars/alalam)

DISKUSI: