Kiev Ditantang Tunjukkan Bukti Keberadaan Drone Iran di Perang Ukraina

0
214

Teheran,LiputanIslam.com-Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian kembali menanggapi klaim yang dikemukakan sebagian petinggi Ukraina sehubungan dengan perang di negara tersebut. Mereka menuding, drone-drone Iran, yang diserahkan kepada Rusia beberapa tahun lalu, kini digunakan untuk membombardir Ukraina.

“Sejak dahulu hingga sekarang, kami secara tegas menentang perang dan fasilitasi senjata untuk masing-masing dari kedua pihak yang berseteru. Kami sudah berulang kali mengatakan kepada para pejabat Ukraina untuk menunjukkan bukti-bukti digunakannya drone-drone Iran dalam perang Ukraina, jika memang mereka punya buktinya,” kata Abdollahian saat berbincang via telepon dengan Menlu Kroasia, Gordan Grlic-Radman.

“Benar bahwa kami sudah bertahun-tahun menjalin kerja sama pertahanan dengan Rusia. Namun kami tidak mendukung perang atas Ukraina. Kami tidak memberikan satu pun senjata Iran kepada Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina,” tandasnya.

Sebelum ini, seorang pejabat senior Kemenhan AS (Pentagon) mengumumkan bahwa pihaknya tidak bisa mengonfirmasi bahwa drone-drone yang digunakan Rusia untuk membombardir Ukraina adalah buatan Iran atau bukan.

Pernyataan ini dirilis di saat beberapa hari terakhir ini, sejumlah pejabat tinggi AS berkali-kali melayangkan tuduhan kepada Teheran. Mereka mengatakan bahwa Iran telah menyuplai drone-drone tempur kepada Rusia. Tuduhan ini juga telah disanggah berulang kali oleh Teheran. (af/alalam)

DISKUSI: