Kian Menguat, Spekulasi Mundurnya Pompeo dari Jabatan Menlu AS

0
113

Washington,LiputanIslam.com-Seiring tersebarnya spekulasi terkait kemungkinan mundurnya Mike Pompeo dari jabatan menlu AS, sebuah media AS pada hari Senin (16/12) mengabarkan, Pompeo telah dekat satu langkah lagi menuju pencalonan untuk majelis Senat.

Beberapa pekan lalu, majalah Time melaporkan, Pompoe memberitahu tiga anggota senior Partai Republik bahwa dia akan mundur dan bersiap menjadi kandidat untuk pemilihan senat tahun depan.

Saat itu, juru bicara kemenlu AS segera menepis pemberitaan Time. Dia menyebut laporan itu tidak benar sama sekali.

Baca: AS Terus Kirim Pasukannya ke Ladang Minyak Suriah

Namun Foreign Policy edisi hari Senin (16/12) kembali memberitakan kabar yang dinukil Time. Menurut majalah ini, Pompeo berniat mencalonkan diri untuk menjadi anggota Senat AS, meski ia tak mengumumkannya terang-terangan.

Foreign Policy mengklaim, tindakan-tindakan Pompeo menguatkan spekulasi terkait hal ini. Pada hari Minggu (15/12) Pompeo dikabarkan membuat akun pribadi di Twitter. Seorang sumber yang dekat dengan Pompeo mengatakan, dia akan menggunakan akun pribadi itu “dalam waktu dekat.”

Dalam laporan Associated Press kemarin juga disebutkan,  Pompeo telah menjalin kesepakatan dengan Senator Ted Cruz. Cruz dimintanya agar tidak menentang pengangkatan Stephen Biegun sebagai orang kedua di kemenlu AS.

Menurut Associated Press, pengangkatan Biegun penting bagi pemerintahan Trump, karena ada kemungkinan Pompeo akan terjun di persaingan pemilihan Senat mendatang.

Hal lain yang memperkuat spekulasi di atas adalah lawatan-lawatan Pompeo ke negara bagian Texas. Lawatan-lawatan itu dilakukannya dalam bingkai misi diplomatik.

 

 

DISKUSI: