Kian Kondusif, Maskapai Yordania akan Lintasi Langit Suriah Lagi

0
74

Amman,LiputanIslam.com-Otoritas penerbangan Yordania mengizinkan maskapai-maskapai negara ini untuk kembali menggunakan langit Suriah untuk jalur penerbangan pesawat-pesawat komersil.

Menurut laporan harian al-Ghad, otoritas penerbangan Yordania menyatakan, izin ini diberikan usai mengevaluasi keamanan dan kadar risiko penerbangan di wilayah udara Suriah.

“Evaluasi yang dilakukan menunjukkan hasil positif dan menjelaskan bahwa kawasan-kawasan yang bisa digunakan untuk jalur penerbangan dalam kondisi stabil,”demikian dinyatakan otoritas penerbangan Yordania.

Maskapai-maskapai yang akan menggunakan jalur Suriah diberitahu bahwa untuk saat ini, wilayah udara negara tersebut belum dicakup oleh sistem radar. Oleh karena itu, kontrol dan pengawasan penerbangan maskapai-maskapai akan dipegang oleh organisasi transportasi udara Yordania.

Sejauh ini, maspakai-maskapai Yordania belum mengambil keputusan untuk menggunakan wilayah udara Suriah bagi pesawat-pesawat mereka.

Pasca dimulainya krisis Suriah dan perang di negara tersebut, Yordania melarang penerbangan di langit Suriah dengan alasan keamanan.

Sebelum ini, Ayman Shafadi (menlu Yordania) mengkonfirmasi kabar dimulainya penerbangan pesawat-pesawat negaranya ke Suriah. Dia mengatakan,”Begitu Amman memastikan keamanan bandara Damaskus untuk pendaratan pesawat komersil, jalur penerbangan ke Suriah akan dibuka kembali.”

Saat ini, pesawat-pesawat komersil Suriah telah terbang ke sejumlah tujuan luar negeri, termasuk Teheran, Moskow, Najaf, Karbala, Dubai, Abu Dhabi, Sarjah, Doha, Manama, Kuwait, Kairo, Moscat, Khartoum, dan Aljazair. (af/alalam)

DISKUSI: