Ketika Para Anggota Kongres AS Menolak Keras Aneksasi Israel

0
106

Anggota Kongres AS Alexandria Ocasio-Cortez

Washington, LiputanIslam.com—Sejumlah anggota Kongres AS pada Selasa (30/6) kemarin menandatangani surat yang menyerukan pemotongan bantuan militer Amerika untuk Israel jika rezim Tel Aviv melanjutkan rencana aneksasi Tepi Barat, Palestina.

Surat yang ditujukan kepada Menlu AS Mike Pompeo itu berisi seruan keras agar AS memblokir aneksasi tanah Palestina yang diperjuangkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Pencaplokan sepihak di Tepi Barat akan mengalienasi anggota parlemen dan warga AS. Kami tidak dapat mendukung sistem yang tidak demokratis di mana Israel akan mengatur rakyat Palestina secara permanen dan menolak mereka menentukan nasib sendiri atau hak yang sama,” demikian isi surat itu.

Surat ini dipelopori oleh anggota Kongres dari Partai Demokrrat, Alexandria Ocasio-Cortez, dan ditandatangani oleh Rep. Betty McCollum dari Minnesota, Pramila Jayapal dari Washington, Rashida Tlaib dari Michigan, bersama dengan Senator Demokrat Bernie Sanders dari Vermont.

“Jika pemerintah Israel bergerak maju dengan aneksasi yang direncanakan dengan persetujuan pemerintah [AS], kami akan berupaya memastikan …bantuan militer AS $ 3,8 miliar ke Israel [tidak diakui]…,”

Sebagai tanggapan, kelompok lobi pro-Israel AIPAC segera meminta anggota Kongres lain untuk tidak mendukung surat itu. (ra/palestinachronicles)

DISKUSI: