Kerepotan Hadapi Perlawanan Palestina, Israel Panggil Pasukan Cadangan

0
380

TelAviv,LiputanIslam.com– Harian Yedioth Ahronoth melaporkan, Tentara Israel telah mengajukan permohonan penugasan pasukan cadangan kepada Parlemen Israel (Knessett), setelah terbukti bahwa unit-unit Tentara Israel di Tepi Barat tidak sanggup menghentikan gelombang kebangkitan rakyat di wilayah tersebut.

Menurut Yedioth Ahronoth, berdasarkan permohonan ini, diperkirakan 66 batalion cadangan akan ditugaskan berbarengan dengan dimulainya tahun baru atau sekitar 3 pekan ke depan.

Sebelum munculnya gelombang baru perlawanan di Tepi Barat, sudah ada 13 batalion cadangan yang ditugaskan di kawasan tersebut, tulis harian berbahasa Ibrani ini.

Saat ini, sudah ada 25 batalion yang difokuskan untuk melakukan operasi terhadap orang-orang Palestina. Jumlah pasukan cadangan ini akan ditambah menjadi 91 pada awal tahun 2023 nanti.

Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa sesuai aturan yang berlaku, pasukan cadangan seharusnya hanya ditugaskan sekali dalam 3 tahun. Namun Tentara Israel sudah mengabaikan pembatasan ini, karena hingga sekarangtelah memanggil sekitar 50 batalion cadangan. Hampir semua batalion ini ditugaskan di Tepi Barat untuk menghadapi para pejuang Palestina.

Harian Zionis ini di akhir laporannya mengakui bahwa berdasarkan evaluasi Tentara Israel, kondisi keamanan saat ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat, dan mungkin saja akan berlanjut hingga bulan Ramadan yang akan datang.

Hal ini, tulis Yedioth Ahronoth, menyebabkan bahwa rencana pemanggilan pasukan-pasukan cadangan bukan hanya diagendakan untuk tahun 2023 saja, tapi juga untuk tahun 2024. (af/alalam)

DISKUSI: