Kematian akibat Virus Corona Mencapai 1.000

0
112

Presiden Xi Jinping dalam kunjungan ke pasien virus corona baru pada 10 Feb 2020 (Photo by AFP)

Wuhan, LiputanUslam.com— Cina mengkonfirmasi kenaikan jumlah kasus virus corona baru pada Senin (10/2) kemarin. Jumlah kematian telah mencapai 1.000 dan yang terinfeksi di Cina naik hingga 15% menjadi setidaknya 40.171.

Presiden Cina, Xi Jinping, menyebut situasi di Wuhan, episentrum virus, “masih sangat parah”. Ia pun mendesak dilakukannya “langkah-langkah yang lebih pasti” untuk menahan penyebaran wabah ini.

Xi baru-baru ini muncul di hadapan publik dengan mengunjungi staf medis rumah sakit Ditan Beijing, tempat pasien virus corona baru sedang dirawat.

Lebih dari 300 kasus telah dikonfirmasi di luar China, termasuk 12 kasus di AS. Para pejabat kesehatan dunia memperingatkan bahwa kasus yang terkonfirmasi bisa menjadi “puncak gunung es” setelah mereka mempelajari lebih lanjut tentang betapa mudahnya penyakit itu menyebar.

Untuk mencegah penyebaran, pemerintah Cina mengunci seluruh kota di Hubei, memutus jaringan transportasi nasional, menutup tempat-tempat wisata dan menyarakan ratusan juta orang untuk tetap tinggal di dalam rumah.

Meskipun begitu, kini suasana di sejumlah kota kembali berjalan normal. Jalanan dan lalu lintas di Beijing dan pusat keuangan Shanghai terlihat lebih banyak dilalui orang, sementara kota Guangzhou mengumumkan akan membuka kembali jarungan angkutan umumnya. (ra/presstv)

 

DISKUSI: