Kecam Kebijakan Kabinet Netanyahu, Politisi Israel Serukan Unjuk Rasa Massal

0
245

TelAviv,LiputanIslam.com-Anggota Knessett, Yair Golan menyerukan penutupan jalan dan toko-toko, serta mendesak diumumkannya pembangkangan sipil di seluruh Tanah Pendudukan. Melalui cuitan di akun Twitter-nya, Golan berkata bahwa warga Israel harus berunjuk rasa menentang Netanyahu selama beberapa pekan ke depan.

Ia juga mengatakan bahwa penduduk Isrel harus menggelar demo terus menerus demi menggulingkan kabinet Netanyahu; kabinet yang ia sebut sebagai “korup, jahat, dan menjijikkan”.

“Kabinet Netanyahu itu korup. Orang-orang Haredi (kelompok Yahudi ultra-ortodoks) radikal mengambil uang warga Israel dan melakukan perbuatan apa pun sesuka hati mereka tanpa ada yang menghalangi,” kata Golan, yang sebelum ini menjabat sebagai Wakil Menteri Ekonomi Israel.

Anggota Parlemen Israel ini menekankan bahwa warga Zionis harus melawan kabinet Netanyahu dan tidak cukup hanya melakukan unjuk rasa.

Sebelumnya, mantan Menteri Perang Israel, Benny Gantz menyatakan bahwa tindakan-tindakan kabinet Netanyahu akan menyeret Israel menuju perang saudara.

Mantan PM Israel, Yair Lapid juga melancarkan serangan verbal kepada Netanyahu. Menurutnya, rencana Menteri Kehakiman, Yariv Levin akan mengurangi wewenang Mahkamah Agung; lembaga yang merupakan perangkat hukum tertinggi Rezim Zionis.

Netanyahu disebut Lapid telah melengkapi “kudeta ambisiusnya” dengan tindakan-tindakan ini, serta menambahkan, ”Jika perbaikan-perbaikan (yang diusulkan Levin) dilaksanakan, koalisi (pimpinan Netanyahu) akan bisa menghukum dan membungkam setiap orang yang tidak mematuhinya.”

Lapid berpendapat, tindakan ini akan mengubah para hakim menjadi politisi dan penasihat hukum (untuk kabinet) menjadi boneka.

“Siapa yang akan menanggung akibat dari semua yang mereka lakukan ini?” tanya Lapid. (af/fars)

DISKUSI: