Ke mana AS Membawa Emas-emas Suriah?

0
67

Damaskus,LiputanIslam.com-Dilansir dari Sputnik, kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa AS telah mengangkut keluar emas sebanyak 50 ton dari Suriah.

Berasaskan laporan ini, militer AS mengambil emas-emas itu dari kelompok bersenjata dan milisi. Sebagai imbalannya, AS berjanji untuk menjamin keamanan mereka.

Menurut SANA, para teroris menyembunyikan emas-emas rampasan itu di sekitar kawasan pemukiman Baghuz. Kawasan itu terletak di provinsi Deir az-Zour, yang merupakan basis terakhir kelompok bersenjata dan milisi dan di bawah kepungan tentara AS.

Tampaknya para milisi menyerahkan 40 ton emas kepada tentara AS. Sebelum itu, tentara AS telah menemukan 10 ton emas di tempat-tempat persembunyian teroris.

Laporan SANA menyebutkan, militer AS membawa keluar emas-emas di malam hari dengan menggunakan helikopter.

Konflik bersenjata di Suriah bermula pada Maret 2011 dan masih berlanjut hingga kini. Berdasarkan statistik PBB, dalam rentang waktu ini, ratusan ribu orang telah terbunuh.

Pemerintah Suriah yang dipimpin Bashar Assad berperang dengan berbagai macam kelompok bersenjata. Yang terbesar adalah kelompok ISIS dan Jabhat al-Nusra. Akhir-akhir ini, militer Suriah sukses meraih banyak kemenangan penting dalam menumpas kelompok-kelompok teroris tersebut.

AS berada di Suriah sejak 2014 dengan dalih untuk memerangi ISIS, tanpa meminta persetujuan dari Damaskus. Berbagai operasi militer yang mereka lancarkan telah mencabut nyawa banyak dari warga Suriah. (af/alalam)

DISKUSI: