Kematian Pertama Akibat Covid-19 di AS Terjadi Lebih Awal dari Perkiraan

0
382

Washington, LiputanIslam.com—Kasus kematian akibat infeksi virus corona di AS ternyata terjadi berminggu-minggu sebelum kasus pertama yang dilaporkan pemerintah.

Temuan ini dirilis oleh otoritas kesehatan Santa Clara County, California.

Lewat sebuah pernyataan terbuka, otoritas kesehatan Santa Clara melaporkan bahwa hasil otopsi terhadap dua orang yang meninggal di rumah pada 6 Februari dan 17 Februari menunjukkan bahwa mereka terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya, ada kematian lain pada 6 Maret yang tak diketahui, ternyata terkait virus tersebut.

Kematian pertama akibat virus corona di AS pada awalnya diyakini terjadi pada tanggal 29 Februari. Pada saat itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengkonfirmasi korban adalah pria berusia 50-an dan tinggal di Washington.

Menurut pemerintah California, kasus-kasus awal ini tidak dikaitkan dengan Covid-19 karena para korban ini meninggal pada saat “hanya orang-orang dengan riwayat perjalanan” yang diuji oleh otoritas kesehatan. Para korban ini diketahui tidak melakukan perjalanan ke luar negeri sebelum terinfeksi.

Kabar ini itu menunjukkan bahwa virus Covid-19 mungkin telah menyebar di AS lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya. Pejabat Santa Clara County, Jeff Smith mengatakan, fakta bahwa beberapa orang meninggal karena Covid-19 sekitar awal Februari dan akhir Januari, itu berarti “virus ini telah menyebar [sejak lama]” tanpa diketahui.

AS telah menghadapi 800.000 kasus infeksi virus corona dengan lebih dari 45.000 kematian. (ra/rt)

DISKUSI: