Kasus Corona di AS Tertinggi di Dunia, China Tawarkan Bantuan

0
154

Beijing, LiputanIslam.com—Presiden China, Xi Jinping, menyatakan negaranya siap membantu AS melawan wabah corona yang semakin merajalela di Negeri Paman Sam itu.

Dalam percakapan telepon dengan Trump, Xi mengatakan bahwa “China dan AS harus bersatu melawan wabah”. Demikian laporan dari Kemenlu China pada Jumat (27/3).

“Bekerjasama membawa manfaat bagi kedua belah pihak, [sementara] pertengkaran akan melukai keduanya. Kerja sama adalah satu-satunya pilihan,” tambah Xi.

Dia juga meminta Trump agar mengambil “tindakan substantif” untuk menjalin hubungan  tanpa konflik, yang didasarkan pada sikap “saling menghormati dan kerja sama yang saling menguntungkan.” Ia berharap, AS akan mengambil langkah-langkah efektif untuk melindungi kehidupan warga China di sana.

“Hanya dengan [bersatu], komunitas internasional dapat mengalahkannya [wabah],” katanya.

Setelah percakapan telepon tersebut, Trump mengaku telah menjalin “percakapan yang sangat baik” dengan Xi. Lewat sebuat cuitan di Twitter, ia memuji China karena mereka memiliki “pemahaman yang kuat tentang virus” dan karena itu, kedua negara akan bekerjasama.

Ironisnya, beberapa hari yang lalu Trump berkukuh menyebut COVID-19 sebagai “virus orang China”, sebuah sebutan yang dianggap rasis oleh Beijing.

Menurut data terbaru pada hari Kamis (26/3) kemarin, AS memiliki jumlah infeksi tertinggi di dunia, melampaui China dan Italia, dengan kasus 82.404 yang terkonfirmasi. (ra/presstv)

DISKUSI: