Kandidat Capres AS Ini Sebut Pemimpin Saudi ‘Preman Pembunuh’

0
83

Senator AS dan kandidat capres dari partai Demokrat, Bernie Sanders, menggelar kampanye di Universitas Nevada, 18 Februari 2020 di Las Vegas, Nevada. (Getty Images)

Washington, Liputanislam.com–Kandidat calon presiden AS dari partai Demokrat, Bernie Sanders, mengecam rezim Arab Saudi dalam sebuah pertemuan di balai kota. Ia menyebut para pemimpin kerajaan itu “preman pembunuh”.

“Selama bertahun-tahun, kita mencintai Arab Saudi – aliansi kita yang mengagumkan; namun satu-satunya masalah adalah orang-orang yang memimpin negara itu adalah preman pembunuh,” tegasnya pada Selasa (18/2), seperti dilansir dari Middle East Eye.

Senator Vermont itu juga menyebut Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, sebagai “diktator miliarder.”

Ia pun menekankan pandangannya bahwa pemerintah AS seharusnya tidak mengabaikan kebutuhan rakyat Palestina. Ia mengecam “pemerintah rasis sayap-kanan yang saat ini berada di Israel.”

Sanders pernah membuat pernyataan serupa dalam debat presiden pada bulan Desember lalu. Saat itu ia menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai orang “rasis”. Menurutnya, kebijakan luar negeri AS tidak boleh hanya pro-Israel, tetapi juga harus “pro-Palestina”.

Sanders dikenal sebagai kritikus keras Presiden Donald Trump. Dalam berbagai kesemptan, ia berulang kali menyebut Trump pembohong dan “presiden paling berbahaya” dalam sejarah AS. (ra/presstv)

 

DISKUSI: