Jika Terus Dijatuhi Sanksi, Ini Balasan-balasan Iran kepada Barat

0
147

Teheran,LiputanIslam.com-Menanggapi kabar diberlakukannya sanksi-sanksi baru Uni Eropa terhadap Iran, Rai al-Youm menyatakan bahwa sanksi-sanksi Eropa hanya memiliki efek terbatas dan lebih bersifat simbolis. Sebab, orang-orang yang dijatuhi sanksi tidak memiliki rekening bank di Swiss, juga tidak menghabiskan liburan mereka di negara-negara Eropa.

Wakil Swedia di Uni Eropa pada Senin (23/1) mengumumkan diberlakukannya sejumlah sanksi baru terhadap Republik Islam Iran.

“Dalam pertemuan para Menlu Uni Eropa hari ini, paket sanksi baru atas Iran telah disahkan, yang menargetkan individu-individu yang terlibat dalam persekusi (unjuk rasa),” cuit Wakil Swedia, yang merupakan Ketua Bergilir Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa saat ini.

“Uni Eropa secara tegas mengecam penggunaan kekerasan secara keji dan tidak relevan oleh Otoritas Iran terhadap unjuk rasa damai,” imbuhnya.

Menurut Rai al-Youm, sanksi-sanksi ini justru berisiko mendatangkan efek negatif terhadap negara-negara Eropa sendiri, sebab ada kemungkinan Teheran akan memberikan balasan tegas dalam bentuk-bentuk berikut:

Pertama, hilangnya potensi pemulihan JCPOA, terutama karena negara-negara seperti Inggris, Jerman, dan Prancis terlibat di dalamnya.

Kedua, dicantumkannya tentara-tentara Eropa dalam daftar teroris Iran, yang akan menyebabkan semua panglima serta kader tentara Eropa menjadi target sah Teheran.

Ketiga, keluarnya Iran dari perjanjian NPT dan dilarangnya para inspektur IAEA ke pusat-pusat nuklir Iran dan ditingkatkannya kadar pengayaan uranium Negeri Mullah.

Keempat,  diberlakukannya pembatasan-pembatasan baru di jalur pelayaran Selat Hormuz, yang akan merugikan kapal dan tanker-tanker Eropa.

Kelima, penguatan hubungan Teheran dengan Moskow. (af/fars)

DISKUSI: