Jet-jet Rusia Bombardir Gudang Senjata Jabhat Al-Nusra di Idlib

0
94

Damaskus,LiputanIslam.com-Kementerian pertahanan Rusia mengumumkan, angkatan udara negara ini telah menyerang gudang senjata dan logistik Tahrir al-Sham (Jabhat al-Nusra) di utara Suriah.

Melalui statemen yang dirilis Rabu (13/3), Rusia menyebut bahwa serangan udara atas kelompok teroris itu dilakukan dengan koordinasi bersama Turki.

“Kelompok teroris Tahrir al-Sham telah menyerang pangkalan kami di Khmeimim dengan pesawat nirawak. Sebagai balasannya, jet-jet Rusia menyerang gudang senjata mereka pada 13 Maret,”demikian disebutkan dalam statemen kemenhan Rusia, seperti dilaporkan Russia Today.

Pangkalan udara Khmeimim terletak di provinsi Latakia di barat Suriah. Pangkalan ini menjadi basis jet-jet Rusia. Kelompok teroris dalam beberapa bulan terakhir menyerang pangkalan tersebut dengan roket dan drone.

Jabhat al-Nusra adalah cabang al-Qaeda di Suriah. Kelompok ini belakangan membentuk Front Tahrir al-Sham bersama kelompok-kelompok teroris lain. Berdasarkan kesepakatan Iran, Rusia, dan Turki di perundingan Astana, kelompok ini dikategorikan sebagai “teroris”. Pemerintah Suriah dan sekutunya bisa mengambil tindakan militer atas mereka, walau kelompok itu berada di daerah gencatan senjata.

Sebagai penjamin perundingan Astana dalam masalah Suriah, Turki baru-baru ini bertanggung jawab untuk memisahkan oposisi ‘moderat” Suriah dari teroris. Jabhat al-Nusra sendiri tercantum dalam daftar hitam AS dan sejumlah negara Eropa. (af/alalam/fars)

DISKUSI: