Jenderal Iran Sebut Eropa ‘Embargo Diri Sendiri dari Kebenaran’

0
201

Teheran,LiputanIslam.com-Baru-baru ini, Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi atas sejumlah personel di Iran, dengan tuduhan bahwa mereka berperan dalam mengirim drone-drone yang digunakan Rusia dalam perang Ukraina. Salah satu yang dijatuhi sanksi adalah Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, Mohammad Bagheri.

Menanggapi sanksi Eropa tersebut, Bagheri melontarkan sindiran pedas dan sarkastis melalui pesan yang dirilisnya. Dalam pesan itu disebutkan:

“Uni Eropa pada 4 hari lalu mencantumkan nama saya di daftar sanksinya, atas apa yang disebut mereka dengan ‘pengiriman pesawat nirawak dari Iran ke Rusia.’

Sebelum ini, yaitu pada tanggal 4 November 2019, Kementerian Keuangan AS juga melakukan hal serupa dengan memasukkan nama saya dalam daftar sanksinya.

Kemarahan AS dan pengikutnya, yaitu Uni Eropa, bisa dipahami. Sejak awal kemenangan Revolusi Islam, mereka telah mencantumkan Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran di daftar sanksi. Namun Angkatan Bersenjata kita justru menciptakan peluang dari ancaman ini. Jika suatu hari dahulu, mereka menolak memberikan kawat berduri kepada para serdadu kita, sekarang mereka mengantre untuk membeli rudal-rudal presisi dan drone-drone Iran.

Pada hakikatnya, dengan mengambil jalan buntu yang ditempuh si majikan, yaitu AS, orang-orang Eropa telah ‘mengembargo diri mereka sendiri dari kebenaran.’

Kami memiliki pepatah Persia yang mengatakan ‘orang buta menuntun orang buta lainnya.’

Meski begitu, saya punya tawaran kemanusiaan untuk Uni Eropa. Sejak hari ini, dalam rangka menerapkan sanksi yang mereka susun, saya mengizinkan mereka untuk mengidentifikasi semua harta dan aset Mohammad Hossein Bagheri di bank-bank seluruh dunia, menyitanya, dan menggunakannya untuk membeli batu bara bagi warga Eropa, sebab musim dingin yang berat telah menanti!” (af/alalam)

DISKUSI: