Jelang Aneksasi, Tentara Israel Isolasi Kawasan Lembah Jordan

0
169

Aksi protes melawan aneksasi Israel atas Lembah Jordan . (Photo: via ActiveStills.org)

Tepi Barat, LiputanIslam.com–Menjelang proses aneksasi, tentara Israel pada hari Kamis (18/6) kemarin menempatkan blok-blok semen di jalanan Tepi Barat menuju jalan raya Allon Road yang mengarah ke Lembah Jordan.

Menurut laporan kantor berita Palestina WAFA, tentara Israel juga menaruh blok semen di jalan yang mengarah ke desa Kufr Malik, Ramallah timur, dan Duma, Nablus selatan. Di sana, sebuah gerbang logam akan didirikan untuk menutup akses sepenuhnya dari Tepi Barat ke Lembah Jordan.

Kepala dewan desa al-Mughayyer, Amin Abu Elia, mengatakan kepada WAFA bahwa para tentara tersebut telah memulai langkah nyata di lapangan untuk memisahkan Lembah Jordan dari wilayah Tepi Barat sebagai bagian dari rencana pencaplokan Lembah Yordan mulai 1 Juli mendatang.

Pada 24 Mei lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperbarui janjinya untuk menganeksasi sebagian wilayah pendudukan Tepi Barat. Rencana ini memicu kemarahan warga Palestina. Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahkan membatalkan semua perjanjian dengan Israel dan AS sebagai reaksi keras atas rencana ini. (ra/palestinechronicle)

DISKUSI: