JCPOA Tidak Berjalan, Iran Cabut Kamera-kamera Pengawas

0
149

Teheran,LiputanIslam.com-Ketua Badan Energi Nuklir Iran, Mohammad Eslami menyatakan bahwa penting bagi semua elemen Pemerintah dan rakyat Iran untuk mengingat bahwa Barat selalu melontarkan tuduhan tak berdasar kepada Teheran selama 2 dekade terakhir ini terkait program nuklirnya.

“Selama 20 tahun ini, semua elemen Pemerintah Iran telah berunding. Hasilnya adalah perjanjian JCPOA dalam bingkai khasnya. Namun sekarang negara-negara ini kembali melayangkan tuduhan serupa dalam kemasan dokumen, tempat, dan bukti palsu,” kata Eslami.

“Iran menerima JCPOA agar tuduhan-tuduhan ini dicabut dan sikap saling percaya dibangun. Iran sudah menerima untuk membatasi aktivitas pengayaan uranium, mengurangi kapasitas dan kecepatan gerakannya demi mewujudkan kepercayaan timbal balik. Namun pihak sana tidak berkomitmen,” imbuhnya.

“Kamera-kamera JCPOA dipasang dengan tujuan untuk meniadakan tuduhan (terhadap Iran). Jika tuduhan-tuduhan ini masih ada, tidak ada lagi alasan untuk memasang kamera-kamera JCPOA ini. Sebab itu, kamera-kamera ini dikumpulkan oleh IAEA, disegel, dan disimpan di fasilitas.”

Menurut Eslami, sebagian pihak masih kerap melontarkan tudingan, padahal Iran tidak pernah merahasiakan apa pun. Iran juga tidak pernah melakukan pengayaan di luar koridor dan tanpa koordinasi dengan IAEA.

Sebelum ini, Badan Energi Nuklir Iran merilis statemen dan menyatakan bahwa tidak ada bahan nuklir yang dirahasiakan di Iran. Menurut Teheran, tudingan IAEA hanya berdasarkan informasi palsu yang diajukan Rezim Zionis, yang nota bene adalah salah satu pemilik senjata nuklir di dunia. (af/fars)

DISKUSI: