Israel Penuhi Semua Tuntutan Lebanon

0
219

Beirut,LiputanIslam.com– Akhir pekan lalu, sebuah sumber Lebanon bicara soal situasi perundingan tak langsung Beirut dengan Tel Aviv terkait penentuan perbatasan bahari. Ia berkata bahwa dalam nota tertulis yang didapatkan dari AS, Lebanon telah mendapatkan semua tuntutannya.

Merespons kabar ini, anggota Dewan Pusat Hizbullah, Nabil Qawuq menyatakan bahwa negaranya telah semakin dekat untuk mendapatkan kekayaan serta hak minyak dan gas yang akan menyelamatkannya dari krisis. Menurut Qawuq, ini adalah hasil dari kerja sama kubu Resistansi dan Pemerintah Lebanon.

“Bergabungnya Lebanon dengan klub produsen minyak dan gas berarti keluarnya negara ini dari krisis finansial dan ekonomi. Ini adalah sebuah peristiwa baik dan awal untuk terbukanya kemudahan bagi semua warga Lebanon,”kata Qawuq.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Direktur Afrika dan Asia Barat Kementerian Eropa, Presiden Lebanon Michel Aoun berharap bahwa dimulainya proses eksplorasi minyak di ladang-ladang selatan akan menjadi awal positif dan membuahkan hasil dalam rangka memulihkan ekonomi Lebanon.

“Tidak akan ada kemitraan dengan pihak Israel di ladang-ladang gas,”tandas Aoun, seperti diberitakan Rai al-Youm.

Wakil Ketua Parlemen Lebanon, Ilyas Boushaab angkat bicara soal perundingan tak langsung dengan Israel terkait penentuan perbatasan bahari. Ia menyatakan, keseragaman sikap tegas berbagai pihak di Lebanon telah membuahkan hasil positif dalam perundingan. (af/fars)

DISKUSI: