Israel Pasang Alat Spionase di Sekitar Gedung Putih

0
132

Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump dikenal sangat membanggakan hubungan dekatnya dengan Israel. Namun kini Rezim Zionis justru dikabarkan memata-matai Washington.

Menurut tiga mantan pejabat senior AS, Washington berkesimpulan bahwa Israel telah memasang sejumlah perangkat spionase untuk telepon genggam di sekitar Gedung Putih, juga tempat-tempat strategis lain di ibukota AS.

Baca: Israel Mau Caplok Lembah Yordania, Hizbullah Salahkan Arab Teluk

Berdasarkan kutipan Politico dari tiga sumber di atas, kali ini pemerintahan Trump bukan hanya tidak mengecam Tel Aviv, tapi juga tidak menjatuhkan hukuman apa pun atas Israel. Sikap ini jelas berbeda saat negara-negara asing lain diketahui memata-matai AS.

Seorang mantan pejabat AS mengatakan, ada kemungkinan perangkat-perangkat ini dipasang untuk memata-matai Trump, para penasihat seniornya, dan para asisten dekatnya. Meski Gedung Putih mengklaim upaya spionase itu tidak berhasil, belum jelas sejauh mana kegagalan Israel tersebut.

Politico menulis, para pakar menilai Trump terlalu gegabah dan ceroboh soal protokol keamanan di Gedung putih.

“Pada tahun 2018 kami telah melaporkan bahwa Presiden (Trump) biasa menggunakan telepon genggam yang tidak aman untuk menghubungi teman dan orang kepercayaannya,”tulis Politico.

Para pejabat departemen keamanan dalam negeri AS pada tahun 2018 menemukan sejumlah perangkat spionase di berbagai titik di Washington. Setelah penyelidikan panjang dan kerjasama dengan FBI, terungkap bahwa perangkat-perangkat itu dipasang agen-agen Israel.

Juru bicara pemerintahan Trump, FBI, departemen keamanan dalam negeri, dan biro rahasia AS masih bungkam soal laporan Politico ini. (af/fars)

Baca Juga:

Menlu Iran: Slogan Netanyahu Adalah Perang Sampai Prajurit Terakhir AS

Nasrallah: Perangi Poros Resistensi, Israel akan Musnah

 

DISKUSI: