Israel Mulai Siapkan Proses Aneksasi Tepi Barat

0
148

Jalan yang menyambungkan pemukiman Yahudi dan Tepi Barat. (Photo: via MEMO)

Tepi Barat, LiputanIslam.com—Rezim Israel baru-baru ini mengerahkan alat berat bulldozer untuk menyiapkan proses aneksasi wilayah pendudukan Tepi Barat.

Bulldozer-bulldozer tersebut dilaporkan telah digunakan selama dua minggu terakhir. Jalan yang dibuka adalah jalan khusus para pemukim Israel yang akan melewati kota-kota Palestina di Nablus selatan, Tepi Barat. Demikian laporan dari kantor berita Palestina, WAFA.

Menurut informan bernama Ghassan Daghlas kepada WAFA, bulldozer Israel itu telah meratakan tanah milik warga Palestina dan mencabut pohon-pohon zaitun di dekat kamp militer Huwwara untuk membangun jalan pintas sepanjang 7 kilometer. Jalan ini telah disetujui oleh rezim Israel sejak tahun 2014.

Pada tahun 2019 lalu, Israel juga telah merampas lebih dari 400 dunum tanah Palestina di tujuh desa di Nablus untuk membangun jalan ini.

Di Lembah Yordan, bulldozer militer Israel bekerja hari ini (10/6) untuk membuka jalan di desa Froush Beit Dajan.

Pada 1 Juni lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperbarui janjinya untuk mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat mulai bulan Juli mendatang. Janji ini memancing kemarahan warga Palestina yang menganggap langkah ini akan mematikan solusi dua-negara. (ra/palestinechronicle)

 

DISKUSI: