Israel Larang Nelayan Gaza Tangkap Ikan di Laut

0
80

Gaza, LiputanIslam.com–Tentara Israel pada hari Minggu (16) kemarin menutup zona penangkapan ikan di Laut Jalur Gaza akibat tudingan pelanggaran gencatan senjata keamanan.

Menurut informasi dari Koordinator Kegiatan Pemerintah Israel di Wilayah (COGAT), Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, mendukung rekomendasi COGAT  dan otoritas keamanan untuk menutup sepenuhnya zona penangkapan ikan di Gaza.

COGAT menyebut keputusan ini diambil  sebagai tanggapan atas roket yang ditembakkan dari Gaza ke pemukiman Sderot dan pengiriman balon pembakar.

Komite Pencatatan Pelanggaran Terhadap Nelayan pun melaporkan bahwa angkatan laut Israel menembaki kapal nelayan Palestina dan memompa air ke arah mereka untuk memaksa para nelayan kembali ke pantai.

Selama ini, tentara Israel secara teratur menahan dan menembaki para nelayan, penggembala, dan petani Palestina yang tidak bersenjata di sepanjang pagar yang memisahkan Jalur Gaza dan Israel.

Kelompok HAM, B’Tselem, baru-baru ini melaporkan bahwa “pelecehan terhadap nelayan”  telah “menghancurkan sektor perikanan Gaza” dan sebanyak 95% nelayan hidup di bawah garis kemiskinan. (ra/palestinechronicles)

 

DISKUSI: