Israel Hancurkan Fasilitas Agrikultur Palestina di Lembah Jordan

0
273

Tentara Israel menargetkan senjata ke warga Palestina yang memprotes perampasan wilayah dekat Lembah Jordan, 29 Februari 2020. (Photo by AFP)

Tepi Barat, LiputanIslam.com—Tentara Israel dilaporkan menghancurkan empat fasilitas agrikultur Palestina di wilayah timur laut kawasan pendudukan Tepi Barat, tepatnya di Lembah Jordan.

Menurut laporan Palestine Information Center dari informasi aktivis lokal pada Senin (4/5), penghancuran ini terjadi di desa Jiftlik.

Tentara Israel meluluhlantakkan sebuah sumur air, sebuah gudang pertanian, dan kolam di area yang sama.

Sebelumnya, pada hari Minggu (3/5), pengadilan Israel menolak gugatan yang diajukan oleh pemilik fasilitas pertanian ini, yaitu seorang warga Palestina bernama Murad Jaber.

Berdasarkan peraturan Israel, warga Palestina yang menjadi korban penghancuran tidak diberi waktu yang cukup untuk mengajukan petisi atau bahkan mengevakuasi properti mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir, rezim Israel berupaya menyita tanah-tanah pribadi Palestina di Lembah Jordan sebagai bagian dari proses pencaplokan wilayah Tepi Barat.

Sepertiga wilayah Tepi Barat yang diduduki adalah adalah wilayah Lembah Jordan.

Sejak 1967, Israel mengirim ribuan pemukim Yahudi ke Lembah Yordan. Mereka pun membangun pemukiman ilegal di atas tanah pribadi Palestina.

Kementerian Luar Negeri Palestina pun mengutuk rencana rezim Israel untuk merebut tanah Palestina di wilayah Masjid Ibrahimi di kota al-Khalil, Tepi Barat selatan. Mereka menegaskan akan membawa keputusan perampasan tanah ini ke Pengadilan Kriminal Internasional. (ra/presstv)

 

DISKUSI: