Israel Desak Inggris Cantumkan IRGC di Daftar Teroris

0
101

TelAviv,LiputanIslam.com-Israel meminta dari Inggris untuk memasukkan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) dalam daftar organisasi-organisasi teroris London. Hal ini diutarakan Menlu Israel Eli Cohen saat bertemu Penasihat Menlu Inggris untuk Urusan Timteng, Lord Tariq.

“Saya berharap Inggris segera mencantumkan IRGC di daftar organisasi teroris. Tindakan ini adalah pesan jelas kepada Iran soal aktivitas-aktivitas terornya di Timteng dan seluruh dunia,”ujar Cohen, diberitakan Jerusalem Post.

Sebelumnya, Ketua Independent Reviewer of Terrorism Legislation, Jonathan Hall KC memperingatkan bahwa dideklarasikannya IRGC sebagai kelompok teroris akan mengakibatkan konsekuensi-konsekuensi besar.

“Pelarangan sebuah lembaga pemerintahan di bawah UU Terorisme 2000 adalah menjauh dari kebijakan tanpa perubahan Britania yang berlaku selama beberapa dekade. Ini juga mempertanyakan definisi terorisme yang hingga sekarang sudah terbukti praktis dan efektif. Jika pasukan pemerintahan bisa dikaitkan dengan terorisme, maka kita harus menjawab pertanyaan bagaimana definisi terorisme diberlakukan terhadap pasukan-pasukan pemerintahan lain, yang ini akan berisiko mengacaukan makna permanen terorisme dalam UU domestik,”demikian disebutkan dalam laporan yang sampai ke tangan Independent.

Hall memperingatkan bahwa bila Inggris melarang IRGC, maka”logikanya adalah semua pasukan pemerintahan, termasuk pasukan para sekutu (Inggris), pasti berkaitan dengan terorisme, baik selamanya atau di sebagian waktu.”

“Bahwa sebutan teroris disematkan kepada milisi atau orang yang menggulingkan pemerintahan dengan kekerasan, itu adalah satu hal. Namun menggunakan kata teroris bagi lembaga pemerintahan yang secara konvensional memiliki hak monopoli untuk menggunakan kekerasan secara sah, itu adalah hal yang berbeda,”imbuhnya.

Independent Reviewer of Terrorism Legislation menegaskan, pembahasan apakah IRGC secara khusus adalah jahat atau apakah program-programnya membahayakan, sama sekali tidak punya landasan di bawah UU Terorisme. (af/alalam/fars)

DISKUSI: