Israel Dalangi Serangan ke Konvoi Pembawa BBM untuk Lebanon di Irak

0
349

Baghdad,LiputanIslam.com-Pada Selasa pekan silam, sebuah konvoi pengangkut BBM menjadi sasaran serangan udara di dekat perbatasan Irak-Suriah.

Sehari setelah itu, anggota Komite Koordinasi Syiah Irak, Jabbar al-Maamuri mengumumkan bahwa konvoi itu membawa muatan BBM dari Iran untuk Lebanon.

“Tiga pesawat nirawak Israel menyerang muatan bantuan bahan bakar Iran untuk Lebanon di dekat perlintasan al-Qaem di barat Irak. Informasi yang diperoleh menunjukkan jatuhnya korban jiwa dan materi akibat serangan tersebut,” kata al-Maamuri.

Harian al-Arabi al-Jadid pada Senin (14/11) kemarin mengabarkan, para pejabat Irak memilih tutup mulut terkait serangan udara atas truk-truk pembawa bahan bakar, yang meninggalkan Irak setelah melewati perlintasan al-Qaem dan masuk ke Suriah.

”AS secara resmi memberi tahu Irak bahwa pihaknya tak berkaitan dengan serangan ini, tapi tidak menjelaskan identitas pesawat-pesawat yang melakukan serangan tersebut. namun informasi yang ada menunjukkan, pesawat-pesawat itu adalah milik Israel,”tulis al-Arabi al-Jadid, mengutip dari dua pejabat Irak yang identitas mereka tidak disebutkan.

Seorang perwira di Dinas Intelijen Irak dan anggota Pasukan Penjaga Perbatasan di Provinsi al-Anbar mengatakan bahwa lalu lintas muatan bahan bakar itu resmi dan sah. Sebelum keluar dari Irak, muatan itu juga telah diperiksa.

“Tidak benar bahwa konvoi itu memuat senjata atau barang-barang selain bahan bakar. Tanker-tanker itu diserang setelah keluar dari perbatasan Irak. Delapan tanker rusak, namun sisanya bisa melanjutkan perjalanan menuju Lebanon sehari setelahnya,” kata sumber tersebut. (af/fars)

DISKUSI: