Iran Tantang AS Buktikan Kesungguhannya ‘Perangi Terorisme’

0
233

Teheran,LiputanIslam.com-Newsweek dalam tulisannya mengungkap permintaan pemimpin Komala, Abdullah Mohtadi, dari AS untuk membantu mereka menghadapi Iran. Dalam pidato online di Washington Institute for Near East Policy, yang dekat dengan lobi Zionis di AS,  Mohtadi mengonfirmasi keberadaan Komala di utara Irak. Mohtadi juga mengungkap kekhawatirannya atas tekanan-tekanan untuk mengakhiri eksistensi mereka di utara Irak serta meminta bantuan dari AS dalam hal ini.

Kabar ini ditanggapi oleh Wakil Tetap Iran di PBB. Dalam statemennya, Wakil Iran menyatakan,” Komala adalah salah satu kelompok teroris aktif yang telah membunuh ratusan warga Mahabad dan kota-kota lain di Iran. Jika Pemerintah AS memang benar serius dalam memerangi terorisme, hendaknya ia tidak memberikan fasilitas apa pun untuk kegiatan atau pertemuan kepada kelompok-kelompok semacam ini.”

Sebelum ini, Perwakilan Iran di New York dalam suratnya kepada Ketua Dewan Keamanan menyatakan, ”Dengan melihat tindakan destruktif dan pemicu kerusuhan yang dilakukan kelompok-kelompok teroris di utara Irak terhadap rakyat dan keamanan nasional Iran, juga pengabaian mereka terhadap peringatan dan protes (Teheran), Iran tidak punya pilihan selain melaksanakan haknya dan memberikan tanggapan relevan kepada serangan-serangan teroris.”

Iran sudah sering kali menyebut terorisme sebagai bahaya bersama untuk Kawasan. Teheran telah mengundang Pemerintahan Irak dan Turki serta menyatakan penentangannya terhadap keberadaan pangkalan-pangkalan militer kelompok teroris anti-Iran, juga pangkalan Zionis, di kawasan Kurdistan Irak. (af/alalam)

DISKUSI: