Iran-Rusia Sepakati Produksi Gabungan Helikopter Modern

0
129

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan Sputnik, perancang senjata dan periset strategi keamanan-pertahanan Iran, Mohamad Hassan Sangtarash mengatakan bahwa Rusia mencapai kemajuan signifikan dalam bidang produksi helikopter model mutakhir, yang bisa digunakan untuk beragam tujuan.

Staf Khusus Presiden Rusia, Igor Levitin baru-baru ini mengumumkan, perusahaan-perusahaan Rusia bersedia untuk memproduksi helikopter bersama dengan Iran. Iran juga mengabarkan akan membeli sistem pertahanan-rudal, jet, dan helikopter buatan Rusia.

“Keberadaan helikopter-helikopter Rusia di Iran kembali pada tahun 1998 hingga 2000, ketika persenjataan udara Iran telah usang atau tak layak guna lantaran digunakan dalam perang 8 tahun melawan Rezim Baath Irak,” kata Sangtarash.

“Helikopter-helikopter ini, seperti model Mi-17, dipuji para pengguna Iran karena biaya perawatan rendah dan keberagaman misi yang bisa diusung perangkat-perangkat ini, termasuk operasi-operasi penting seperti pencegatan kapal-kapal tanker Barat,” imbuhnya.

”Rusia sangat maju dan up to date dalam industri helikopter. Bahkan sejumlah helikopter terkenal buatan Barat, yang rencananya akan digunakan negara-negara Barat seperti AS, adalah duplikat dari teknologi Rusia.”

Sembari menyatakan bahwa variasi helikopter-helikopter Rusia sangat luar biasa, Sangtarash berkata bahwa ada kemungkinan Iran menggunakan helikopter tipe Ka-52 dan Mi-28 sebagai piranti tempur organisasi-organisasi pertahanannya.

Ia menambahkan bahwa Iran juga bisa saja membeli helikopter multifungsi Mi-26 dan Ka-226, juga helikopter pengangkut K-32.

Sangtarash mengaku optimis terkait potensi kerja sama Iran-Rusia untuk memproduksi helikopter.

“Ada banyak proyek helikopter yang bisa dibuat bersama-sama oleh kedua negara. Termasuk proyek pembuatan helikopter Saba-248 dan Salahshoor,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa kemungkinan helikpter Salahshoor akan dilengkapi dengan optik inframerah dan berbagai jenis senjata, termasuk “rudal-rudal fire and forget”, yang hal ini akan memberi lebih banyak kebebasan kepada pilot dan pengendali senjata. (af/fars)

DISKUSI: