Iran Minta Dana $5 Miliar dari IMF untuk Atasi Corona

0
217

Tehran, LiputanIslam.com–Bank Sentral Iran meminta dana darurat sebanyak lima miliar dolar dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk memerangi wabah virus corona atau COVID-19.

Dalam sebuah penyataan yang diunggah di Instagram pada hari Kamis (12/3), Ketua Bank Sentral Abdulnaser Hemmati mengaku telah menulis surat kepada kepala IMF, Kristalina Georgieva pada pekan lalu. Dalam surat itu ia menekankan “hak [Iran] untuk menerima bagian dari instrumen pendanaan cepat IMF (RFI)… ”

Hemmati menyoroti kebutuhan Iran untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19, merawat pasien, dan menangkal dampak buruk ke sektor ekonomi.

“Mengingat besarnya kuota Republik Islam Iran dalam dana [RFI], Iran menyerukan penggunaan fasilitas pembiayaan cepat RFI sebanyak sekitar $5 miliar,” tambahnya.

Dalam sebuah tweet pada hari yang sama, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif juga meminta IMF untuk menyalurkan bantuan kepada Iran  yang merupakan negara anggota organisasi itu.

Ia menulis, direktur pelaksana IMF “telah menyatakan bahwa negara-negara yang terkena dampak # COVID19 akan didukung melalui Instrumen Keuangan Cepat. Bank Sentral kami segera meminta akses ke fasilitas ini.”

“IMF / Dewan IMF harus mematuhi mandat dana, berdiri di sisi yang benar dalam sejarah dan bertindak secara bertanggung jawab,” imbuhnya. (ra/presstv)

 

DISKUSI: