Kotak hitam pesawat Ukraina Boeing 737-800 © Reuters / IRIB via WANA

Tehran, LiputanIslam.com—Kotak hitam pesawat Internasional Ukraina yang ditembak secara tidak sengaja oleh militer Iran, akan dikirim ke Kiev. Demikian kata kepala tim investigasi Organisasi Penerbangan Sipil Republik Islam Iran (CAO.IRI) kepada media lokal.

Hassan Rezaeifar menuturkan kepada Tasnim News Agency pada Sabtu (18/1) bahwa data-data di dalam kotak hitam itu akan dibuka oleh para ahli dari AS, Kanada, dan Perancis.

Jika mereka gagal, kotak hitam itu akan dikirim ke laboratorium di Prancis.

Sebelumnya, Rezaeifar menyatakan bahwa Iran tidak memiliki keahlian teknis yang cukup untuk membuka data penerbangan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun telah mendesak Teheran untuk membuka akses ke kotak hitam bagi para ahli Ukraina.

Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran tengah berada pada keadaan siaga tingkat tertinggi pada saat menembak jatuh pesawat sipil Ukraina pekan lalu.

Tak lama sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengancam akan menyerang 52 sasaran di Iran jika negara itu berusaha untuk membalas pembunuhan Letnan Jenderal Qassem Soleimani.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif pun memperingatkan agar jangan sampai terjadi upaya politisasi atau mengambil keuntungan politik dari tragedi tersebut.

“Politisasi atas tragedi ini harus dicegah. Fokuslah pada keluarga korban,” tulis Zarif lewat sebuat tweet setelah pertemuan dengan Menlu Kanada Francois-Philippe Champagne. (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*