Iran Kirim Bantuan Alat Kesehatan ke Venezuela

0
143

Reuters

Caracas, LiputanIslam.com–Venezuela melaporkan bahwa sebuah pesawat Iran berisi pasokan bantuan kemanusiaan telah mendarat di negara Amerika Selatan itu di tengah tekanan sanksi dari AS.

Pesawat yang membawa peralatan darurat, seperti obat-obatan dan alat tes, mendarat di bandara Maiquetia Venezuela pada hari Senin (8/6). Alat-alat tersebut dikirim dalam rangka membantu  memerangi wabah COVID-19, seperti disebutkan oleh Menteri Perencanaan Venezuela Ricardo Menendez.

“Saat ini, kami telah menerima berbagai jenis alat tes,” kata Menendez dalam siaran televisi pemerintah, di mana ia terlihat sedang berdiri di landasan pacu bandara Maiquetia di dekat tumpukan dus-dus bantuan.

Menurut Duta Besar Iran untuk Venezuela, Hojjatollah Soltani, bantuan tersebut disalurkan dalam rangka memperkuat Venezuela dalam perjuangannya melawan virus corona.

Sejauh ini, Venezuela melaporkan lebih dari 2.470 kasus COVID-19 dan 22 kematian. Namun, para ahli kesehatan telah memperingatkan bahwa sistem perawatan kesehatan negara pimpinan Nicholas Maduro itu dapat memburuk akibat sanksi dari AS.

Iran sendiri juga merupakan korban dari sanksi uniteral AS, namun negara Timur Tengah itu berhasil menghalau penyebaran virus dengan hanya mengandalkan produk-produk kesehatan dalam negeri.

Sejumlah badan bantuan internasional seperti Human Rights Watch dan Pusat Kesehatan Masyarakat dan Hak Asasi Manusia Universitas Johns Hopkins, telah memperingatkan bahwa kondisi Venezuela sangat rentan terhadap virus. Maka, mereka meminta pemerintah AS agar “memastikan bahwa sanksi yang ada tidak berkontribusi pada krisis atau menghambat upaya kemanusiaan.” (ra/presstv)

DISKUSI: