Iran Kecam Ukraina atas Kebocoran Rekaman Terkait Pesawat 737

0
139

Kantor Civil Aviation Organization Iran.

Tehran, LiputanIslam.com–Pemerintah Iran mengecam Ukraina karena membocorkan rekaman yang terkait dengan pesawat Boeing 737-800 lewat salah satu stasiun televisi.

Pejabat senior di Organisasi Penerbangan Sipil Iran (CAO) mengatakan pada hari Senin (3/2) bahwa Ukraina telah melanggar aturan kerahasiaan investigasi insiden jatuhnya Boeing 737-800 yang menewaskan 176 orang di dalam pesawat menuju Kiev itu.

Hassan Rezayi Far, yang mengepalai departemen investigasi kecelakaan di CAO, menyebut perilisan audio pada Minggu (2/2) oleh salah satu saluran televisi Ukraina itu adalah “langkah yang aneh.”

Rekaman itu berisi percakapan antara pilot penerbangan domestik yang tiba di Teheran dan staf di kontrol lalu lintas udara bahwa ada rudal yang terbang di langit Teheran pada saat kecelakaan pesawat.

“File tersebut adalah salah satu kumpulan bukti yang diberikan kepada kelompok ahli Ukraina (yang merupakan anggota) tim gabungan yang menyelidiki kecelakaan penerbangan,” kata Rezayi Far kepada kantor berita Mehr.

“Kejadian [pembocoran] oleh Ukraina ini memaksa kami untuk tidak membagikan lebih banyak bukti lebih lanjut dengan mereka,” tambahnya. (ra/presstv)

DISKUSI: