Iran Disebut Saingi Keunggulan Udara AS di Timteng

0
218

Teheran,LiputanIslam.com-Komandan Angkatan Udara CENTCOM, Alexus Grynkewich pada Kamis (21/7) mengatakan bahwa jet-jet tempur AS memang masih unggul di angkasa Timur Tengah. Namun Iran menjalankan taktik-taktik spesial dan telah mengambil langkah jauh ke depan dengan drone-dronenya.

“Jika ada satu musuh yang bisa berbuat sesuka hatinya dan kita tidak bisa mencegahnya, berarti ia memiliki superioritas udara lokal,” kata Grynkewich, diberitakan oleh situs Stars and Stripes.

Situs yang membahas masalah pertahanan dan militer AS ini menulis, pernyataan perwira tinggi AS ini selaras dengan penilaian mantan Komandan CENTCOM, Kent Mckenzie. McKenzie pernah mengatakan, kemampuan drone Iran telah menyebabkan AS kehilangan keunggulan udara totalnya untuk pertama kali sejak Perang Korea hingga sekarang.

Sehubungan dengan tanggung jawab soal Iran yang diserahkan kepadanya, Grynkewich berkata, ”Tugas yang diserahkan kepada saya dari Jenderal (Erik) Kurilla adalah memahami bagaimana kami bisa mendapatkan kembali level kotrol kita di udara agar bisa meredam ancaman ini.”

“Para pakar dan pejabat militer AS mengatakan, drone-drone Iran termasuk drone paling modern di dunia, yang memiliki dampak signifikan dalam perang-perang proksi di Yaman, Irak, dan Suriah”, tulis Stars and Stripes. (af/fars)

DISKUSI: