Iran Bantah Pemberian Minyak Gratis untuk Lebanon

0
187

Teheran,LiputanIslam.com-Di tengah berita bahwa Iran akan mengirim minyak ke Lebanon, sebagian media mengklaim bahwa PM Lebanon Najib Miqati berkata minyak dari Iran itu adalah “hadiah gratis tanpa syarat apa pun”.

Namun berdasarkan informasi yang diterima Noor News, kabar ini tidak benar. Iran dinyatakan tidak memiliki rencana untuk menyerahkan bahan bakar dan komoditas minyak secara gratis kepada Lebanon.

Baru-baru ini, Menteri Energi Lebanon, Walid Fayyadh mengatakan bahwa bahan bakar dari Iran akan tiba dalam beberapa hari atau pekan ke depan, bukan satu bulan, di Lebanon. Menurut Fayyadh, pembicaraan soal masalah teknis tengah dilakukan.

Al-Arabi al-Jadid melaporkan, Fayyadh menyatakan telah memberitahukan hasil positif lawatan delegasi Lebanon ke Iran kepada Presiden Michel Aoun. Rencananya, bahan bakar dari Iran itu akan digunakan untuk memproduksi listrik.

“Dengan minyak hadiah dari Iran, juga kiriman bahan bakar dari Irak, jam-jam penyalaan listrik Lebanon bisa mencapai 8 hingga 10 jam per hari. Sekarang kami sedang bekerja sama dengan pihak Iran terkait karakteristik dan penyediaan bahan bakar yang kita butuhkan di stasiun-stasiun pembangkit listrik,” tutur Menteri Energi Lebanon.

“Iran berkeinginan mengulurkan bantuan sesegera mungkin. Kami juga didesak kebutuhan untuk memasok listrik secara lebih baik kepada warga,” imbuhnya.

Stasiun televisi al-Manar pekan lalu mengabarkan, Iran telah mengumumkan kesiapannya kepada delegasi Lebanon untuk memasok 600 ribu ton bahan bakar selama 5 bulan. (af/alalam/yjc)

DISKUSI: