Iran Bantah Isu Pengiriman Rudal untuk Rusia

0
78

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan harian Kroasia, Vecernji list, Jubir Kemenlu Iran Naser Kanani  ditanya sejauh mana kebenaran rumor bahwa Rusia meminta rudal-rudal balistik jarak jauh dari Iran.

Menjawab pertanyaan itu, Kanani mengatakan, ”Setelah runtuhnya Uni Soviet dan melewati berbagai momen naik-turun dalam hubungan bilateral, Iran dan Rusia memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dan partisipasi aktif dalam perkembangan regional serta global dalam rangka mewujudkan perdamaian dan stabilitas. Hubungan ini dibangun berdasarkan kepentingan bersama rakyat kedua negara.”

“Mengingat tekad serius para pemimpin kedua negara untuk memperluas hubungan, kedekatan Republik Islam Iran dan Federasi Rusia melalui penguatan asas kerakyatan hubungan bilateral, terutama di pentas ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata, adalah bagian dari solusi penting yang masuk dalam agenda kerja kedua negara.“

“Sehubungan dengan ini, sudah bertahun-tahun kami menjalin kerja sama pertahanan dengan Rusia, namun ini tak ada kaitannya dengan perang di Ukraina. Kami tidak mendukung perang atas Ukraina. Kami ingin masalah ini diselesaikan dengan dialog. Ini adalah kebijakan fundamental kami,” tegas Kanani.

“Kami terus melanjutkan upaya untuk menghentikan perang dan mengembalikan kedua belah pihak ke meja perundingan. Kami sedih melihat para pengungsi Ukraina, perang, dan para korban tewas di negara itu, sama seperti kami sedih melihat para pengungsi Afghanistan dan negara-negara lain. Kami meyakini bahwa perang bukan solusi, baik itu di Ukraina, Afghanistan, Yaman, atau tempat-tempat lain,” imbuhnya. (af/alalam)

DISKUSI: