Iran: AS Tanpa Rasa Malu Mengancam Anggota-anggota PBB

0
137

NewYork,LiputanIslam.com-Perwakilan Iran untuk PBB di New York merilis sebuah statemen, sebagai tanggapan atas pertemuan Brian Hook dengan para anggota Dewan Keamanan PBB.

Dalam statemen itu disebutkan:

“Seorang pejabat kemenlu AS mengunjungi New York untuk bertemu dengan anggota DK PBB. Tujuannya adalah agar Iran dituntut bertanggung jawab atas klaim pelanggaran resolusi DK PBB terkait pengembangan dan uji coba rudal balistik.

“AS perlu diingatkan, bahwa resolusi 2231 DK PBB, yang juga disusun oleh AS dan disepakati secara kolektif, adalah pengganti utuk semua resolusi DK PBB terdahulu terkait program damai nuklir Iran. Resolusi ini adalah pendukung bagi JCPOA.

“Hingga kini, IAEA telah membuktikan komitmen Iran kepada JCPOA sebanyak 14 kali. Selain itu, berlawanan dengan klaim dan dusta AS, tak satu pun rudal-rudal buatan Iran ‘yang dirancang sebagai senjata nuklir.’ Sebab itu, resolusi 2231 sama sekali tidak membatasi aktivitas terkait rudal balistik yang dilakukan Republik Islam Iran.

“Dengan demikian, aktivitas semacam ini tidak bertentangan dengan resolusi, bahkan di luar bingkai dari resolusi 2231.

“Namun AS sendiri yang secara jelas melanggar resolusi 2231 dengan keluar dari JCPOA. Lebih buruk lagi, AS sebagai anggota tetap DK PBB, justru mengancam anggota-anggota PBB lain untuk melanggar resolusi itu atau harus menerima hukuman. Ini adalah sebuah kebijakan yang sangat destruktif dan hipokrit.

“Daripada berusaha menyebarkan tuduhan dan menyalahgunakan DK PBB demi menyudutkan Iran, sebaiknya para petinggi AS bertindak penuh tanggung jawab sesuai komitmen internasional mereka. Mereka harus memberi penjelasan kepada Washington melanggar resolusi 2231, dan kenapa memaksa negara-negara lain melakukan hal serupa.” (af/alalam)

DISKUSI: