Ini Motif Israel Meminta Gencatan Senjata dengan Hamas

0
116

Gaza,LiputanIslam.com-Seorang anggota senior Hamas membongkar sebab terjadinya gencatan senjata antara Hamas dan Israel.

Menurut Khalil al-Hayya, setelah bertempur dengan para pejuang Palestina selama dua hari, akhirnya Rezim Zionis mengirimkan mediator untuk membicarakan gencatan senjata. Langkah ini dilakukan usai mereka melihat daya jangkau roket-roket Hamas yang bertambah hingga 40 km.

Deputi kepala kantor politik Hamas ini menegaskan, jika Israel berharap bisa meneror petinggi Hamas saat berada di Kairo, maka harapan mereka mustahil terwujud.

Menurut al-Hayya, tak ada kaitan antara kesepakatan gencatan dengan unjuk-unjuk rasa al-Awdah (Kepulangan). Dia menegaskan, tak seorang pun yang bernegosiasi agar unjuk-unjuk rasa ini dihentikan.

“Jika Rezim Zionis bersikeras untuk tetap memblokade Gaza, kemungkinan besar situasi akan berubah menjadi sebuah ‘ledakan,’”tandasnya.

Sementara itu, Yahya al-Sinwar (kepala kantor politik Hamas) dikabarkan telah mengakhiri lawatan ke Mesir untuk perundingan dengan para petinggi negara tersebut.

Dilansir dari al-Risalah, delegasi Hamas bertemu dengan Abbas Kamil (kepala intelijen Mesir) dan para bawahannya. Topik pertama yang dibicarakan adalah penghentian serangan Israel ke Jalur Gaza.

Pertemuan-pertemuan itu juga dihadiri Ziyad al-Nakhalah, sekjen Jihad Islam Palestina. Salah satu topik yang diperbincangkan adalah cara menghadapi Deal of Century, menghidupkan rekonsiliasi nasional, dan memperkuat ketahanan rakyat Palestina. (af/fars)

 

DISKUSI: