Ini Jawaban Obama Saat Disarankan Netanyahu Serang Iran

0
286

TelAviv,LiputanIslam.com-Dalam autobiografi berjudul “Bibi: My Story”, Benyamin Netanyahu mengaku dirinya di tahun 2013 pernah menyarankan Presiden AS saat itu, Barack Obama, untuk melancarkan serangan ke fasilitas nuklir Iran.

Harian Israel, Haaretz, membeberkan bahwa Netanyahu untuk pertama kalinya mengakui rumor soal saran Tel Aviv kepada Washington untuk melakukan serangan militer ke Iran.

Saran itu disampaikan Bibi (sebutan lain untuk Netanyahu) saat Obama melawat ke Palestina Pendudukan. Dari narasi mantan PM Israel itu, tulis Haaretz, itu bukanlah kali pertama ia mengajukan permintaan tersebut.

Netanyahu menulis bahwa Obama menolak usulan tersebut dan berkata, ”Tak seorang pun menyukai Goliath. Saya tidak ingin menjadi gorila seberat 800 pon yang berjalan dengan congkak di dunia. Sudah lama kita berperilaku seperti ini.”

“Gorila 800 pon” adalah ungkapan dalam bahasa Inggris, yang diberikan kepada orang atau organisasi yang menganggap dirinya sangat kuat, sehingga tidak memedulikan aturan atau hak orang lain. Ungkapan ini diambil dari sebuah tebakan komedi. Pertanyaan “di mana gorila seberat 800 pon duduk” dijawab dengan “dia bisa duduk semaunya di mana saja”.

Dalam buku tersebut, Netanyahu tidak menyinggung apakah ia juga mengajukan usulan serupa kepada Donald Trump, yang jauh lebih akrab dengan dirinya dibanding Obama. (af/alalam)

DISKUSI: