Ini 5 Tantangan bagi Kepala Staf Umum Tentara Israel Mendatang

0
144

TelAviv,LiputanIslam.com-Kepala Staf Umum Tentara Israel, Aviv Kochavi akan menuntaskan masa baktinya pada Januari tahun 2023. Sebab itu, para petinggi militer Israel tengah sibuk mendiskusikan suksesornya.

Seorang analis Israel bernama Tal Lev-Ram menyebut bahwa pengganti Kochavi akan dihadapkan dengan 5 tantangan besar.

“Tantangan pertama adalah Iran yang berada di ambang penandatanganan kesepakatan nuklir; sesuatu yang mungkin akan mengurangi peluang opsi militer atas Teheran, padahal selama 2 tahun terakhir, Israel sudah bersiap menyerang fasilitas-fasilitas nuklir Iran”, tulis Lev-Ram dalam artikelnya di Maariv.

Menurut Lev-Ram, tantangan kedua adalah krisis SDM di lembaga-lembaga militer, terutama level menengah, yang masih terus menipis.

“Tantangan ketiga, yang mungkin paling berbahaya, adalah Hizbullah. Dengan meningkatnya ketegangan terbaru terkait perbatasan maritim dengan Lebanon dan ladang gas Karish, potensi konflik dengannya (Hizbullah) sangat tinggi, kendati dalam beberapa tahun terakhir Tentara telah meningkatkan kesiapan untuk pertempuran dengan melatih satuan elite, Angkatan Udara, dan membeli senjata,”tandasnya.

Tantangan keempat, imbuh Lev-Ram, adalah lenyapnya “kebebasan mutlak” Angkatan Udara Israel dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengklaim, meski Angkatan Udara Israel masih unggul, namun Israel berpikir dua kali untuk menjatuhkan drone rival, sebab itu akan memicu konfrontasi yang lebih panas; sesuatu yang kadang tak dikehendaki Tel Aviv.

Gaza dan Tepi Barat adalah tantangan kelima yang disebut analis Zionis ini. Ia berpendapat, meski Tentara Israel berusaha tidak ikut campur dalam konflik di pentas Palestina, namun berkali-kali selalu terlibat perang dengan Gaza.

Atas dasar ini, kata Lav-Ram, gencatan senjata jangka panjang Israel dengan kubu Resistansi tak lebih dari sebuah mimpi yang sulit terwujud. (af/fars)

DISKUSI: