India Tolak Hentikan Impor Minyak dari Venezuela

0
42

NewDelhi,LiputanIslam.com-Kendati AS menekan India untuk mengurangi impor minyak dari Venezuela, New Delhi menegaskan tidak peduli kepada larangan tekanan tersebut dan akan melanjutkan perdagangan dengan Caracas.

Bloomberg melaporkan,Caracas dalam paruh pertama Februari mengekspor 620 ribu barel minyak ke India tiap harinya. Angka ini naik 66 persen dari rata-rata ekspor harian bulan Januari.

Menanggapi kabar ini, Elliott Abrams (wakil AS dalam urusan Venezuela) menegaskan bahwa Washington menekan New Delhi untuk menghentikan pembelian minyak dari Caracas.

“Kami mengatakan (kepada India), kalian tidak boleh membantu rezim ini. Kalian harus berpihak kepada rakyat Venezuela,”kata Abrams saat diwawancarai Reuters.

“Washingto telah menyampaikan pesan-pesan serupa kepada negara-negara lain di dunia,”lanjutnya.

Menyikapi tuntutan AS, Ravish Kumar (juru bicara kementerian luar negeri India) menegaskan, New Delhi mengabaikan permintaan tersebut dan tetap melanjutkan impor minyak dari Caracas.

Pada Februari lalu,  John Bolton (penasihat keamanan nasional AS) memperingatkan, negara dan organisasi yang mendukung Nicolas Maduro (presiden Venezuela) “tak akan mendapat ampunan.”

Washington pada Januari lalu menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan minyak nasional Venezuela. AS juga membekukan 7 milyar dolar dana perusahaan tersebut. (af/alalam/fars)

DISKUSI: