Hubungan Mesra Iran-Rusia Picu Kecemasan Israel

0
19

Hubungan Mesra Iran-Rusia Picu Kecemasan IsraelTelAviv,LiputanIslam.com-Hubungan antara Teheran dan Moskow yang kian akrab akhir-akhir ini membuat khawatir sejumlah kalangan di Tel Aviv, termasuk dari kalangan militer dan politik.

Jenderal Tamir Hayman dalam artikelnya di Israel Hayom menyatakan, ”Keberhasilan Rusia berkat bantuan Iran akan memperkuat hubungan Iran-Rusia. Arti keberhasilan ini adalah pengukuhan kekuatan Republik Islam dan tercapainya 2 tujuan strategisnya, yaitu kemampuan nuklir dan hegemoni regional.”

Ia menambahkan, Israel berada di ambang sebuah perkembangan geopolitik yang dampaknya sangat penting, yaitu persaingan antara Timur dan Barat untuk mengubah tatanan global.

“Di tengah pandangan AS terhadap Iran sebagai sebuah problem internal di Timteng, muncul sebuah kondisi yang di situ Iran tanpa halangan, protes, penundaan, atau pembatasan apa pun bergerak menuju program nuklir dengan cepat. Sebab itu, kemungkinan Pemimpin Iran akan menyimpulkan bahwa sanksi-sanksi tidak ada gunanya dan segala operasi militer AS terhadap negaranya di saat ini bukan hal yang rasional. Dalam situasi semacam ini, mungkin kita harus melihat realita Iran Nuklir sebagai bagian dari pakta kekuatan-kekuatan nuklir Timur,”tandas Hayman.

Sebelumnya, PM Israel Yair Lapid juga mencemaskan dekatnya hubungan Iran-Rusia dan menyebutnya “sangat berbahaya”. Dengan menggunakan tudingan soal “bantuan drone Iran untuk Rusia”, Lapid berkata bahwa ini bukan hal yang diinginkan Tel Aviv. Sebab itu, Israel terus melakukan pembicaraan dengan AS terkait perkembangan Ukraina. (af/fars)

DISKUSI: