Hong Kong Kecam Sanksi AS atas Pejabat China

0
123

Beijing, LiputanIslam.com—Pemerintah Hong Kong mengecam sanksi AS yang dijatuhkan kepada 11 pejabat tinggi China and Hong Kong. Mereka menyebut keputusan AS itu tercela dan tidak tahu malu.

“Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) hari ini (8 Agustus) mengkritik keras sanksi dari pemerintah AS terhadap 11 pejabat Pemerintah Pusat Rakyat (RRT) dan Pemerintah HKSAR sebagai tidak tahu malu dan tercela,” demikian isi dari pernyataan resmi pemerintah Hongkong.

Pemerintah Hong Kong mengaku siap mendukung Beijing jika ingin membalas tindakan AS.

“Hong Kong adalah bagian tak terpisahkan dari RRT dan menjunjung tinggi dan menerapkan prinsip ‘Satu Negara, Dua Sistem’ untuk memenuhi kepentingan rakyat Hong Kong dan mewakili aspirasi bersama dari semua warga China,” tegas juru bicara pemerintah Hong Kong.

Pada hari Jumat (7/8) lalu, Departemen Keuangan AS mengumumkan penjatuhan sanksi kepada 11 orang sebagai hukuman dari dugaan upaya “merusak” otonomi Hong Kong.

Sanksi tersebut menargetkan Kepala Eksekutif Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) Carrie Lam, Komisaris Kepolisian Hong Kong (HKPF) Chris Tang, Mantan Komisaris HKPF Stephen Lo, Sekretaris Keamanan HKSAR John Lee Ka-chiu dan Sekretaris Kehakiman HKSAR Teresa Cheng, dan pejabat lainnya. (ra/sputnik)

DISKUSI: